Teknik Dasar Olahraga Pencak Silat Yang Harus Dikuasai

Teknik Dasar Olahraga Pencak Silat Yang Harus Dikuasai

Pencak silat merupakan sebuah seni bela diri tradisional yang asli dari Indonesia, pencak silat juga sangat diminati oleh berbagai orang apalagi untuk masyarakat di Tanah Air. Di sini, ada berbagai unsur bela diri yang meliputi teknik pukulan serta tendangan. Pencak silat sendiri juga sebenarnya ada alirannya loh. Sekarang, olahraga ini sudah berkembang jadi olahraga. Selain bisa menjaga bugarnya tubuh, olahraga ini juga dijadikan sebagai salah satu lomba cabang olahraga yang berprestasi. Contohnya saja di PON VIII pada tahun 1975 dimana pencak silat mulai dijadikan pertandingan secara resmi. Olahraga ini juga dipertandingkan di dalam ajang pesta olahraga pada berbagainegara Asia Tenggara atau SEA Games semenjak tahun 1987 an. Induk organisasi dari Pencak Silat yang ada di Indonesia adalah IPSI. Nah, untuk kalian yang tertarik dengan pencak silat, di bawah ini kami akan berikan beberapa dasarnya yang harus kalian kuasai terlebi dulu.

1.Tendangan dan Tangkisan

Tendangan dan Tangkisan

Tendangan maupun serangan kaki yang ada di dalam silat bisa dilakukan dengan cara memakai bagian tulang kering, lutut, hingga telapak kaki. Berbagai jenis tendangan yang ada dalam pencak silat misalnya adalah sabit, tendangan lurus, dan belakang. Sedangkan tangkisan merupakan teknik bertahannya.

2.Kuda – Kuda dan Sikap Pasang

Kuda – Kuda

Kuda – kuda merupakan teknik dasar di dalam sebuah pencak silat yang fokusnya lebih ke posisi kaki di saat sedang memijak atau sedang menapak tanah. Kegunaan dari kuda – kuda sendiri adalah agar lebih menjaga keseimbangan tubuh saat tubuh sedang bertahan maupun menyerang. Sedangkan sikap pasang merupakan teknik dasar pencak silat yang adalah sebuah kombinasi dari kuda – kuda untuk posisi kakinya dengan sikap badan dan tangan yang benar.

3.Pukulan

Pukulan

Pukulan yang ada dalam teknik dasar olahraga satu ini sebenarnya merupakan gerakan dasar yang memakai tangan. Pukulan ini dapat kalian lakuin di berbagai posisi mulai dari samping, lurus ke depan, dari atas, maupun bawah.

4.Guntingan

Guntingan

Guntingan menjadi teknik dasar di dalam pencak silat yang dipakai untuk membuat lawan jatuh. Biasanya dilakukan saat posisi sedang menyerang. Teknik ini dilakukan dengan caa menjepit kaki lawan memakai kedua kaki. Guntingan juga punya 4 jenisnya yang caranya berbeda – beda.

5.Arah dan Pola Langkah

Arah dan Pola Langkah

Teknik arah lebih memiliki hubungan ke arah pesilat saat mereka melakukan serangan maupun saat bertahan. Sedangkan pola langkah merupakan gerakan kaki yang terpola dengan taktis untuk mendapatkan posisi yang cukup menguntungkan. Pola langkah ini adalah sebuah koordinasi dari langkah, sikap badan, pola lantai, serta sikap dari tangan kita.

Itulah berbagai teknik dasar pencak silat yang harus kamu kuasai. Semoga bermanfaat.