Desainer Nina Nugroho Pamerkan Koleksi Janggawari, Inspirasinya?

Desainer Nina Nugroho Pamerkan Koleksi Janggawari, Inspirasinya?

Perancang busana yang sedang naik daun bernama Nina Nugroho baru saja memamerkan koleksi terbarunya pada pergelaran Hybrid Fashion Show ajang Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 8th 2021 yang mereka gelar pada akhir Oktober 2021.

Pada kesempatan tersebut, Nina Nugroho pun membawakan koleksi dengan tema Janggawari yang mereka ambil lewat nama kain tenun yang unik serta langka dan berasal dari suku Baduy di Banten, Jawa Barat.

Nina Nugroho juga berkata bahwa kain tentun Janggawari sendiri didominasi oleh warna alam yang oleh masyarakat Baduy diberikan arti sebagai suci serta kukuh mempertahankan matabat sukunya dari pengaruh budaya luar yang ada.

“Coraknya yang terlihat sederhana memperlihatkan sikap hidup serta adat istiadat yang ketat dijaga sebagai warisan nenek moyang,” ucap Nina Nugroho.

Filosofi menenun terutama untuk kain tenun Janggawari juga sangat menarik untuk diangkat karena punya kaitan yang erat dengan keberdayaan perempuan dalam menjaga harga diri, fitrah, aktivitas sosial budaya, dan kedisiplinan mereka.

“Keberdayaan perempuan Suku Baduy memiliki kaitan dengan aktivitas menenun yang Cuma boleh dilakukan oleh perempuan. Ini juga sama dengan semangat kampanye gerakan #akuberdaya yang digaungkan oleh brand dari Nina Nugroho,” ucapnya.

Nina Nugroho juga memberikan delapan koleksi busana kerja dengan balutan tenun Janggawari di dalam format high end. Serta disajikan dengan siluet A line dengan basis konsep 2 in 1 fashion.

“Shirt disatukan dengan pipe pants dan kulot, midi shirt dipadukan dengan rok, serta ada long outer yang dipadukan dengan shirt. Semua itu disajikan kedalam sebuah tatanan sustainable fashion,” terang Nina Nugroho.

Tema boleh berganti, namun Tren akan selalu bergulir. Tetapi ada karakter yang tetap dipertahankan oleh sang desainer didalam tiap rancangannya. Salah satunya adalah, aksesori kancing Swarovski yang memberikan kesan yang glamor.

“Pada setiap busana signature, aksesori kancing Swarovski mewah yang disukai oleh para perempuan selalu menjadi pelengkap. Hal ini dikarenakan aksesori tersebut menggambarkan naluri wanita yang suka dengan kemewahan dalam busana,” imbuhnya.

Namun, kancing Swarovski bukan hanya digunakan untuk gaya – gayaan. “Lebih dari itu, kancing ini untuk saya bisa membantu memancarkan aura kekuatan dan percaya diri dari seorang wanita,” ucap Nina Nugroho.